Rabu, 09 November 2011

Learn from Nature

"Learn from nature" sebuah kata yang simple namun kita kan banyak menemukan keajaiban disana, pelajaran dan akan semakin mengingatkan kita akan kebesaranNya. Belajar kepada alam merupakan sebuah tujuan akhir yang akan diperoleh, sebelumnya kita harus melakukan pelajaran-pelajaran dari apa yang kita lihat, dengar, rasakan dan lakukan.

Pelajaran pertama ialah “learning by looking” atau “belajar dengan melihat”. Maka hal pertama yang harus kita lakukan ialah dengan cara melihatnya, ya! Dengan melihat kita akan tau apa yang akan dilakukan, langkah demi langkah dan dengan melihat merupakan awalan tuk memulai karena mata yang melihat lalu mentrasfer ke otak lalu otak akan berfikir bagaimana cara melakukannya berdasarkan pengamatan mata barulah bisa melakukan kegiatan tersebut.

Pelajaran kedua ialah “learning by doing” atau “belajar dengan melakukan”. Dengan melakukan sesuatu tentunya kita telah tiba pada tahapan kedua setelah melihat karena hanya dengan melihat kita tidak akan tau apakah kita bisa melakukannya atau tidak. Maka diperlukan sebuah aksi nyata untuk mewujudkannya. Dengan memulai melakukan tentunya kita akan tau sampai dimana letak kemampuan kita, barulah setelah itu evaluasi atas apa kekurangannya.

Alam memberikan banyak pelajaran jika kita tau makna yang tersirat didalamnya. Setelah dapat pelajaran darinya jadikan ia sebagai pengalaman agar kita lebih mawas diri kedepannya. Seperti telah diketahui bahwasannya guru yang paling berharga dan professional adalah pengalaman. Sebuah pengalaman akan sangat berarti jika kita dapat belajar, mengaplikasikan dan mengamalkan tentunya.

So “lets looking, doing and acting sob, yakinlah bahwasannya kita bisa melakukannya apa yang kita rasa tidak bisa karena dimana ada kemauan dan niat pasti disitulah ada jalan karena alam memberikan kita banyak ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar